Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan


Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan sebentar lagi tiba, semoga allah masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berjumpa kembali dengan bulan penuh rahmat dan ampunan tahun ini amin.  Seperti kita ketahui, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keistimewaan, di bulan ramadhan di setiap amal baik yang kita kerjakan akan mendapatkan nilai yang lebih pahala istimewa dibandingkan dengan bulan lainya. Dan salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah umroh.


umroh ramadhan 2015


Umroh adalah salah satu bentuk ibadah yang memiliki keistimewaan, apalagi jika kita menjalankannya di bulan Ramadhan, keistimewaanya akan lebih bertambah. Seperti kita ketahui, umroh memang berbeda dengan ibadah haji, begitu pula dengan pahala umroh tidaklah sama dengan pahala ibadah haji. Namun dalam bulan Ramadhan, terdapat satu pengecualian.

Seperti Diriwayatkan dalam Shahihain, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda kepada seorang wanita Anshar, “Apa yang menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?” Ia menjawab, “Kami tidak memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman. Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Maka apabila datang Ramadhan, berumrahlah. Karena sesungguhnya umrah di dalamnya menyamai ibadah haji.” Dalam riwayat lain, “Seperti haji bersamaku.”

Paket Umroh Murah dan Hemat

Para ulama berbeda pendapat tentang siapa yang akan mendapatkan keutaman umroh di bulan Ramadhan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits tersebut.

  • Keutamaan dalam hadits ini hanya khusus untuk wanita yang diajak bicara oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tersebut
  • Keutamaan umrah ini bagi orang yang berniat haji lalu tidak mampu mengerjakannya. Kemudian ia menggantinya dengan umrah di bulan Ramadhan. Sehingga ia mendapat pahala haji secara sempurna bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena terkumpul dalam dirinya niat haji dalam pelaksanaan umrah. Salah satu ulama yang berpendapat seperti ini adalah imam Ibnu Katsir
  • Keutamaan umroh ini adalah bagi semua orang yang berumroh di bulan Ramadhan, tidak khusus bagi orang tertentu atau dalam kondisi tertentu. Ini  adalah pendapat ulama mayoritas ulama, termasuk di dalamnya ulama empat madzab. Dan insya Allah ini adalah pendapat yang paling benar.

Namun yang perlu diperhatikan, bahwa ibadah umroh di bulan Ramadhan dengan keutamaanya yang menyamai ibadah haji, tetaplah tidak sama dengan ibadah haji. Dengan kata lain, umroh di bulan Ramadhan, meskipun mendapatkan pahala menyamai ibadah haji, akan tetapi tetap tidak menggugurkan kewajiban ibadah haji bagi mereka yang mampu.

Maksud dari hadits tersebut diatas adalah penyamaan pahala, bukan penyamaan dalam pelaksanaan perintah. Jadi, samanya di sini adalah kadar pahala antara umrah di Ramadhan dan pahala haji. Bukan dari jenis dan bentuknya. Dan tidak diragukan lagi bahwa haji lebih utama daripada  umrah ditinjau dari jenis amal. Wallahu A’lam
Baca Juga : Paket Umroh Murah Bulan Desember 2016

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan"

Post a Comment